Relevansi Blogger di Masa Kini dan Masa Depan

Berawal dari menulis pengalaman mengikuti kelas berkebun. Ada rasa bahagia saat bisa berbagi informasi kepada banyak orang. Komentar-komentar dari teman berdatangan, menyarankan saya untuk terus menulis. Itulah periode saya mulai menulis pada tahun 2013. Kala itu blog hanyalah menjadi sarana menuliskan pengalaman.

Seiring berjalannya waktu, berbagi tulisan pengalaman menggunakan produk saya tulisan satu demi satu. Hingga suatu ketika, saya diundang oleh sebuah teknologi menghadiri acara launching produk. Bertemulah dengan blogger lain yang diundang melalui komunitas blogger.

Saya jadi berbincang-bincang dan mengetahui, bahwa ada berbagai manfaat mengikuti komunitas blogger. Tidak hanya mendapatkan kesempatan undangan acara. Namun, ada beberapa hal penting lainnnya. Kemudian saya memutuskan ikut bergabung dalam komunitas blogger. Salah satu komunitas blogger yang cukup menarik dan paling lama saya bergabung, yaitu Komunitas Bloggercrony.

Mulai dari kegiatan untuk peningkatan skill, jaringan pertemanan (networking), dan hal non teknis terkait kredibilitas blogger. Khususnya dalam menghadapi berbagai perubahan yang begitu cepat di era digital saat ini.

“Komunitas Bloggercrony memfasilitasi blogger Indonesia mengembangkan kualitas dirinya, membangun jejaring positif, meningkatkan produktivitas dengan menciptakan tulisan/konten yang informatif, bermanfaat dan inspiratif,serta berdaya mandiri dan profesional.”

Pada momen HUT Komunitas Bloggercrony ke-8, berlangsung berbagai kegiatan menarik. Salah satunya acara Kick Off Blogger Day 2023 yang berlangsung melalui media telekonfrense. Tidak hanya seru-seruan acara perayaan momen HUT. Namun, ada sesi sharing pengalaman dari beberapa blogger dan pengurus dari Komunitas Bloggercrony. 



Ada sesi Special Guest Bloggerpreneur, selain sebagai penulis blog. Ada beberapa blogger yang menjalankan usaha, seperti mas Uwan Urwan dan mbak Tanti Amelia. Keduanya memiliki usaha dalam bidang kesenian, khusus dalam hal menggambar doodle. Kemudian berlanjut dengan pemparan tentang profil Komunitas Bloggercrony pada saat ini.




Selain itu ada narasumber mas Anwari Natari yang berdikusi dengan mbak Wardah Fajri. Membahas profesi blogger cukup unik, karena berbeda memiliki irisan dengan berbagai profesi lain. Tidak seperti profesi jurnalis yang memiliki kode etik, profesi blogger belum ada kode etik baku. 

Blogger pada saat ini tidak hanya sekedar menulis, tetapi perlu memiliki berbabagi skill set lain. Seperti cara berbincang dengan narasumber, blogger punya pendekatan yang berbeda dengan jurnalis. 




Lalu ada skill set up yang perlu ditingkatkan, seperti pada program kelas Bloggercrony yang diadakan secara rutin, melalui Program Blogger Hangout. Seperti seni bernegosiasi, kolaborasi dengan Cerra Production.

Melalui kesempatan acara Kick Off Blogger Day 2023. Ada kesempatan yang diberkan kepada para blogger tentang aspirasi. Baik tentang saran, kontribusi, dan harapan di masa depan. Bagi para rekan blogger lainnya, jika ingin ikut dalam keseruan dan belajar bersama. Mari, media sosial Instagram/Twitter @bloggercronny

Komentar

  1. Setiap acara annivnya BCC selalu keren dan ilmunya juga dapet

    BalasHapus

Posting Komentar