Datang ke RUPS Tahunan Bank Mandiri, Souvenirnya Keren!

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan, sudah mulai kembali diselenggarakan beberapa perusahaan sejak mulai awal Maret 2022. Saya kali ini mem utuskan datang ke RUPS Tahunan Bank Mandiri. Pada tahun lalu, saya datang juga menghadiri RUPS Tahunan Bank BNI.

Pelaksanaan RUPS Bank Mandiri berlangsung di Plaza Mandiri Jakarta pada 10 Maret 2022. Rapat dimulai pukul 14.00. Sebelum datang ke Plaza Mandiri, saya mampir ke klinik di daerah Mampang untuk tes Antigen. Jika rekan investor untuk hadir secara fisik ke RUPS, diwajibkan membawa hasil tes Antigen pada hari berlangsungnya RUPS.

Pukul 13.15 saya sudah sampai di Plaza Mandiri. Saya ikut antre di meja pendaftaran yang ada di Lobi Utara, Plaza Mandiri. Pastikan membawa fotokopi KTP, dokumen KTUR (dari perusahaan sekuritas), dan hasil tes Antigen. Petugas memeriksa validasi dokumen terlebih dahulu. Setelah proses validasi selesai, saya diberikan nametag "Pemegang Saham" dengan nomor 026.


Nametag RUPS Bank Mandiri
Nametag RUPS Bank Mandiri


Setelah itu, saya diminta ke meja pengambilan souvenir. Nametag yang saya miliki digunting ujungnya, kemudian saya menerima tas berisi souvenir RUPS Tahunan Bank Mandiri. Berhubung baru pukul 13.30, saya diminta petugas menunggu di Lobi Utara, Plaza Mandiri. Mengingat RUPS baru akan dimulai pukul 14.00

Saat menunggu waktu pelaksanaan rapat, saya melihat isi souvenir yang ada di dalam tas. Ada sebuah kotak kecil, awalnya saya mengira itu pulpen. Namun, betapa terkejutnya setelah saya buka, ternyata itu Earphone Bluetooth Redmi 3 Lite. Sebuah souvenir yang berkesan dan menarik bagi saya.

Souvenir RUPS Bank Mandiri
Souvenir RUPS Bank Mandiri


Tidak hanya itu saja, ada juga beberapa souvenir lainnya: hand sanitizer, flashdisk, air mineral, dan snack box berisikan tiga roti. Jelang pukul 14.00, para investor dipersilakan oleh petugas naik menuju Ruang Auditorium di lantai 2.

Pukul 14.00 para direktur dan komisaris sudah hadir, kemudian diambil fotonya oleh para jurnalis. Kemudian berlanjut dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu rapat dimilai pukul 14.15 yang dipimpin oleh Bapak Muhammad Chatib Basri, Komisaris Utama/Independen Bank Mandiri.


Pimpinan RUPS Tahunan Bank Mandiri 2022.jpg
RUPS dipimpin oleh Komisaris Utama/Independen

Diawali dengan beberapa pemaparan dan kinerja singkat, Bank Mandiri selama tahun 2021. Barulah kemudian dimulai, membahas satu per satu mata acara rapat. Terdapat delapan mata acara rapat.

Tentunya hal yang paling dinantikan, pengumuman pembagian dividen. Pada hasil RUPS disetujui sebesar 60% dari total laba bersih Bank Mandiri. Sehingga setiap lembar pemegang saham Bank Mandiri. Berhak atas dividen senilai Rp360,63 (atau setiap satu lot Rp36.063). Besar dividen setara dengan yield 4,5%.

Hasil Keputusan Pembagian Dividen Bank Mandiri
Hasil Keputusan Pembagian Dividen Bank Mandiri

   

RUPS Tahunan Bank Mandiri berlangsung hingga pukul 16.50. Hampir tiga jam berada di dalam ruangan. Kapasitas tempat duduk terbatas, masih memberlakukan jaga jarak juga. Syarat datang ke RUPS dengan membawa: dokumen KTUR dari perusahaan sekuritas, fotokopi KTP, dan hasil tes antigen (yang dilakukan pada hari RUPS)

Komentar