Stres di Masa Pandemi? Kenali Bersama Cara Mengelolanya di We The Health


Banyak hal tak terduga yang terjadi pada tahun 2020, berbagai rencana dan perubahan terjadi dalam waktu singkat ketika pandemi melanda seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Tak sekadar berdampak pada kesehatan secara fisik, tetapi juga pada kesehatan secara mental. Banyak perubahan yang terjadi tak bisa begitu saja diterima dengan baik oleh semua orang, sehingga berdampak kepada stres.

Saya berkesempatan mengikuti acara We The Health, konferensi digital kesehatan pertama dengan berbagai narasumber dan topik menarik seputar kesehatan. Ada Track Jovee.id dan lifepack.id yang berlangsung pada Sabtu, 27 Juni 2020. Saya memilih ikut dalam sesi "Kesehatan Mental: Pentingnya Mengelola Stres Saat Pandemi" dengan narasumber Ade Binarko (Founder sehatmental.id pada Lifepack Track


Ade Binarko mengawali dengan ceritanya dalam membangun sehatmental.id ejak tahun 2014 untuk meningkatan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. Ia pada tahun 2009 mengalami kesulitan dalam bernafas dan harus masuk ke IGD, hingga akahirnyania berkonsultasi ke psikiater dan didiagnosa menderita Panic Disorder. 

Awalnya tak mudah menerima, perlu self accaptance dan self care bahwa setiap orang punya masalah masing-masing. Pada tahun 2013 Ade Binarko mengikuti Enterprenuer Fest dan bertemu Natali Ardianto. Pada tahun 2015 ia punya keberanian dan ide untuk membuat festival tentang kesehatan mental, hingga membuat sehatmental.id.


Pada berlangsungnya masa pandemi Ade Binarko mengajak untuk kita beradaptasi, tak hanya kita saja yang punya masalah, oranh lain juga. Gunakan momen pandemi untuk mengevaluasi diri, mengatur prioritas, dan adanya peluang (seperti memanfaatkan media live streamung dan webinar). 


Selalu ada berkah di balik musibah yang terjadi. Ambil sisi positif dari pandemi yang terjadi, kini kita bisa berkumpul dengan keluarga. Misalnya seorang pilot yang jarang bisa berkumpul dengan keluarga pada kondisu normal karena kesibukan. Ada peluang yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan, misalnya saat ini menjual kue secara online dengan sistem pre-order. Andaikan sudah kembali bekerja, bisa membuat penjualan kue di akhir pekan.

Ade Binarko berbagi tips dalam menghadapi stigma tentang stres dianggap karena kurang ibadah dan cara mengelola stres selama di rumah. Perlu pendekatan perlahan-lahan secara persuasif kepada orang tua, sesuaikan dengan bahasa yang dipahami orabg tua, dan membutuhkan proses. Jika dirasakan sudah ada gelagat terkait kesehatab mentak, tak ada salahnya datang untuk memeriksakan diri sebagai upaya preventif.


Sejak tahub 2014 Ade Binarko berinisiatif membuat kegiatan dengan mental health check up secara gratis. Karena setiap orang punya masalah, perlu ada pemeriksaan seperti check up kesehatan fisik yang sudah umum dilakukan

Kisah Robin Willliam seorang komedian yang bunuh diri, hal itu membuat munculnya kesadaran bahwa kesehatan mental merupakan hal yant penting. Sehingga diperlukan edukasi lewat berbagai cara, srperti konsultasi melalui Line @ dan memanfaarkan konsiultasi psikoli secara online.

Adanya kemajuan teknologi membuat harga terjangkau, seperti layanan Jovee.id yang memberikan rekomendasi suplemen dan Lifepack yang merupakan layanan apotek online. Sehingga pada masa pandemi seperti ini kita tetap bisa menjaga kesehatan dengan konsumsi suplemen. Selain itu Lifepack menjadi layanan yang memudahkan untuk membeli obat tanpa perlu kelua rumah.

Jika saat menggunakan media sosial merasa diri terganggu dan tak nyaman, gunakan mute atau blokir akun. Karena kita tak bisa menutup mulut semua orang, tetapi bisa menutup kedua telinga kita, dan bersikaplah bodoh amat dalam menghadapi pendapat orang sehingga tidak stres.

Komentar