Tips Merencanakan Travelling Budget Terbatas agar Menyenangkan

Tak terasa sebentar lagi menuju masa liburan panjang, apakah sudah punya rencana kegiatan untuk mengisi waktu-waktu liburan? Ada sebagian orang yang mudik ke kampung halaman, tetapi ada juga orang yang tidak mudik karena berbagai alasan. Terlebih jelang momen libur lebaran pada tahun ini cukup panjang, jika ingin berlibur perlu perencanaan yang matang.

Ketika saya menghadiri acara d'Traktir Bukber, Destinasi Biasa Jadi Luar Biasa pada Jumat, 25 Mei 2018 di Jakarta. Narasumber-narasumber yang hadir juga menarik, host sekaligus content creator Jebraw dan Host sekaligus Blogger Cia Wardhana yang berbagai tips dan pengalaman selama travelling.

Tips Travelling dengan Budget Terbatas

Acara pun diawali dengan tips dari Metha Tri Riska, PR Manager Tiket.com yang berbagai tips agar bisa liburan dengan budget pas-pasan. Dimulai dari menyusun rencana perjalanan, carilah tiket di operator travel terpercaya, dan tentukan juga tempat tujuan yang ingin didatangi.

Tentukan tujuan wisata dari jauh-jauh hari, pesan tiketnya juga jangan mepet-mepet, dan juga manfaatkan tempat wisata gratis seperti pantai dan taman. Jika membeli tiket-tiket tempat wisata dan pertunjukan, bisa dilakukan di tiket.com sehingga memudahkan perhitungan biaya.

Aplikasi Tiket Cari Tiket Pesawat


Fitraya Ramadhani, Redaktur Pelaksana detikTravel berbagi tips agar kita mencari tahu informasi tempat tujuan wisata, sebelum pergi travelling. Sehingga saat travelling tidak lagi bingung, sehingga sudah mengetahui hal-hal yang ingin dilakukan di tempat tujuan travelling.

Kalau Cia Wardhana sebagai Travel Blogger menyampaikan manfaat travelling. Bisa mengenal tempat baru dan mendapatkan teman baru. Lewat travelling kita pun bisa mengenal teman kita. Serupa dengan Jebraw yang merasakan, melalui travelling bisa bbelajar hal-hal baru, dekat dengan kearifan lokal, dan menjadikan kita pribadi yang bersyukur.

Pengalaman Cia dan Jebraw Travelling


Dalam perjalanan travelling Cia Wardhana mengingatkan agar raveling jangan asal-asalan saja, persiapkan matang-matang sebelum berangkat. Lakukan penyusuanan rencana perjalanan dan budget yang harus dikeluarkan dahulu, tulis tempat-tempat yang keren.

Namun, jangan sampai juga terlalu padat rencana perjalanannya. Ambil sisi positif saat travelling, terlebih jika saat sampai di tujuan terkadang berbeda dengan foto-foto yang ada di Instagram. Seperti pasar lokal di daerah yang dikunjungi, memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, sehingga bisa menjadi konten di blog dan media sosial.

Jebraw sebagai pekerja kantoran, berbagi tips bisa travelling dengan memanfaatkan waktu pada akhir pekan, dan juga bijak dalam menggunakan cuti.

Lakukan perencanaan satu tahun sebelum rencana keberangkatan, sehingga bisa mengumpulkan budget dan mengajukan cuti ke kantor dari jauh-jauh hari. Coba hal-hal baru dan menantang selama travelling, sehingga mendapatkan pengalaman baru.

Komentar