Sampaikan Pendapat dengan Bijak di Media Sosial, Ikuti Lomba Media Sosial Menuju Indonesia Maju

Setiap orang bisa menyampaikan pendapatnya di media sosial, tinggal bagaimana seseorang memanfaatkannya. Kemudahan menyebarkan informasi secara cepat, tetap perlu memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku. Memastikan bahwa informasi dan pendapat yang disampaikan adalah hal yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan.

Semakin mudahnya kita berbagai informasi, melalui media sosial seakan-akan sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Namun, kita perlu bijak dalam menggunakannya, sehingga ada manfaat yang kita berikan melalui informasi yang disebarkan.Termasuk Sekretaris Kabinet turut aktif, berperan menyebaluaskan informasi tentang kinerja pemerintah untuk #MenujuIndonesiaMaju melalui media sosial. Karena media sosial adalah salah satu saluran untuk menyampaikan informasi.

Hal ini sesuai dengan keinginan Presiden, pada 2019 pemerintah akan fokus kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Untuk mendukung hal tersebut Sekretaris Kabinet berperan dalam memberikan informasi kinerja pemerintah. Pada tahun 2018 ini melalui berbagai lomba, Sekretaris Kabinet pak Pramono Anung mengajak masyakat untuk turut serta, bersama-sama mendukung program dan kebijakan pemerintah.

Sehingga diadakan lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju yang mengajak masyarakat, mengenal lebih dekat Kabinet Kerja, beserta program dan capaiannya. Lomba Medsos #MenujuIndonesiaMaju didukung oleh Bank Mandiri. Hadir Sekretaris Kabinet, Pramono Anung dan Presiden Direktur Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo pada acara peluncuran lomba.

Berbagai variasi lomba digelar melalui berbagai media sosial di Facebook, Twitter, Instagram, YouTube, dan blog berlangsung dengan total hadiah 107 juta rupiah, pastinya sudah dipotong pajak. Jadwal pelaksanaan lomba media sosial #MenujuIndonesiMaju berlangsung pada bulan April-Desember 2018.

A. YouTube

Vlog mengenai pembangunan infrastruktur di Indonesia, dan manfaat pembagunan tersebut bagi masyarakat. Film pendek yang bercerita mengenak program prioritas pemerintah di bidang maritim, energi, pangan, dan pariwisata. dengan durasi maksimal masing-masing 5 menit.

Kegiatan ini diadakan sebanyak 2 kali penyelenggaraan, yakni Mei- Juli dan Oktober-Desember dan dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia berusia 17 - 40 tahun, boleh perorangan boleh juga berkelompok (maksimal 5 orang). Periode Lomba: Mei-Jul 2018 (periode 1) dan Oktobe-Desember 2018 (periode 2)
Hadiah pada kategori Film Pendek: Pemenang 1 Rp.10.000.000, Pemenang 2: Rp 6.000.000, dan Pemenang 3: Rp 3.000.000
Hadiah pada ketagori Vlog:  Pemenang 1 Rp.5.000.000, Pemenang 2: Rp 3.000.000, dan Pemenang 3: Rp 2.000.000

B. Twitter
Membuat tweet hal-hal yang berhubungan dengan seberapa jauh dampak kebijakan yang telah dilakukan oleh pemerintah terkait program prioritas. Peserta wajib follow seluruh akun media sosial Sekretariat Kabinet.

Selanjutnya, setiap peserta wajib mengajak lima orang teman, untuk mengikuti kuis Twitter. Membuat moment/kultwit/chirpstory yang tidak menyinggung SARA dan pornografi berisi fakta di lapangan, bukan berdasarkan opini dan dapat dipertanggung jawabkan.

Berhadiah tabungan untuk 3 orang pemenang masing-masing Rp 1.000.000 per orang. Periode lomba setiap minggu kedua dan pengumuman pemenang setiap minggu ketiga.

C. Instagram

Membuat video reportase/vlog 1 menit dan menemukan kata dalam kotak. Peserta wajin follow seluruh akun media sosial Sekretariat Kabinet, ajak lima orang teman untuk mengikuti kuis Instagram, video diunggah dengan judul #MenujuIndonesiaMaju_Judul Reportase dan tag ke akun Instagram Sekretariat.Kabinet, durasi video maksimal satu menit.

Berhadiah tabungan untuk 3 orang pemenang masing-masing Rp 1.000.000 per orang. Periode lomba setiap minggu kedua dan pengumuman pemenang setiap minggu ketiga.

D. Facebook

Teka Teki Silang dan mengisi kata yang hilang dari pidato Presiden/Seskab. Setiap peserta mengajak lima orang teman untuk mengikuti kuis Facebook. Periode lombanya minggu kedua setiap bulan, berhadiah tabungan untuk 3 orang pemenang masing-masing Rp 1.000.000 per orang. Periode lomba setiap minggu kedua dan pengumuman pemenang setiap minggu ketiga.

E. Menulis Blog

Menulis blog tentang #MenujuIndonesiaMaju peserta bisa menggunakan platform blog apapun, wajib follow seluruh akun Sekretaris Kabinet. Tema tulisan Menuju Indonesia Maju, tulusan terdiri dari 500-1.500 kata, tulisan kemudian dishare ke Twitter dengan tagar #MenujuIndonesiaMaju, dan peserta hanya bisa mengirimkan satu karya. Periode lomba berlangsung pada Juli-September 2018, berhadiah berupa tabungan pemenang 1: Rp 3.000.000, pemenang 2: Rp 2.000.000, dan pemenang 3: Rp 1.000.000


Pastikan postingan tidak boleh melanggar SARA, karya asli, bukan hasil plagiarisme, atau melanggar hak cipta dari karya orang lain. Mari, ikut berpartisipasi dalam lomba media sosial #MenujuIndonesiaMaju dan bijak dalam menggunakan media sosial untuk hal-hal bermanfaat.



Komentar