Jumat, 07 Juli 2017

Tantangan, Perkembangan, dan Sistem Tiket MRT Jakarta

Pada momen usai merayakan Idulfitri, PT MRT Jakarta mengadakan acara halal bihalal bersama blogger dan media. Pada momen halalbihalal kali ini, seluruh jajaran direksi PT MRT Jakarta berkesempatan hadir. Sehingga rekan-rekan blogger dan media bisa mengetahui lebih detail tentang perkembangan pembangunan MRT Jakarta.


Pak William Sabandar, selaku Direktur Utama PT MRT Jakarta memaparkan beberapa data perkembangan pembangunan MRT Jakarta. Sayapun dengan semangat memperhatikan poin demi poin, saya sendiri sudah dua kali mengujungi Stasiun MRT Setiabudi dan Stasiun MRT Bundaran HI. Per 30 Juni 2017 pembangunan MRT di elevated section mencapai 62,42% dan underground section mencapai 87,48%, secara keselurhan sudah mencapai 74,89%



MRT Jakarta direncakan akan mulai beroperasi secara komersial pada Maret 2019, sayangnya proses pembangunan MRT menemui kendala di daerah Haji Nawi. Hal ini dikarenakan pembangunan tiang struktur di Stasiun Haji Nawi masih terkendala pembebasana lahan di empat titik, sehingga nantinya tidak akan selesai bersamaan pada Maret 2019. Saya berharap masalahnya bisa diselesaikan dengan baik, sehingga masyarakat di daerah Haji Nawi bisa lebih mudah mengakses Stasiun MRT Jakarta.

Dalam rangka mempersiapkan operasional komersial MRT Jakarta, saat ini sedang dilakukan proses perjanjian penyelenggarakan. Selain hal perijinan, MRY Jakarta juga sudah membuka kesempatan kerja bagi masyarakat lewat tahapan seleksi. Per 4 Juli 2017 sudah ada 35.032 orang pelamar untuk 11 posisi yang diperlukan dengan kebutuhan 196 orang pada tahun 2017.

MRT Jakarta juga bekerjasama dengan pemilik properti untuk menyediakan sinergi dengan moda transportasi lain, sehingga masyarakat mudah menjangkaunya. Stasiun-stasiun MRT Jakarta juga nantinya akan mengusung konsep lifestyle hub. Khususnya di Stasiun Dukuh Atas akan terjadi sinergi antara MRT Jakarta dengan Railink, KRL Commuterline, Transjakarta, dan LRT. Di stasiun MRT juga akan tersedia retail space seperti untuk ATM, food & beverage, fashion, dan comersial store.



Dalam hal aksesbilitas saat ini juga dilakukan penataan jalan bagi pejalan kaki di jalan Sudirman. Saat ini juga dilakukan perencanaan untuk MRT fase kedua(Bundaran HI-Kampung Bandan) dan Cikarang-Balaraja. Untuk proses pembangunan hingga selesai fase kedua diperlukan biaya 25,1 Triliun. Pada akhir pemaparan dijelaskan sistem pembayaran yang yang diterapkan di MRT Jakarta, bekerjasama dengan BUMN/BUMD. Payment gateway akan bekerjasama dengan bank dan clearing house akan dimiliki konsorsium operator.


MRT Jakarta akan menyediakan tiket khusus untuk penggunaan MRT, hal ini untuk memberikan kemudahaan saat taping dan pembacaan kartu dalam waktu 0,2 detik. Untuk integrasi dengan moda transportasi lainnya dengan MRT, tetap bisa menggunkan kartu yang diterbitkan oleh bank dengan kecepatan pembacaan kira-kira 0,7 detik. Sehingga memudahkan masyarakat untuk berpindah antar moda transportasi lainnya dengan MRT.

20 komentar:

  1. Wah asyik semoga sesuai jadwal lah. Tapi udah ada perkiraan belum sich berapa biaya naik MRT? Penasaran juga

    BalasHapus
  2. Susah sih ya bebasin lahan di Haji Nawi, soalnya banyak yang ogah lepas tanahnya karena letak strategis. Kalopun ada yang mau lepas, ya harganya gila-gilaan. Ya semoga aja MRT-nya bisa jadi solusi kemacetan.

    BalasHapus
  3. Mudah2an dengan ada MRT ini, arus lalu lintas gak bikin macet lagi. Mau kemana-mana mudah , cepat dan tepat waktu

    BalasHapus
  4. Jadi nanti tiketnya MRT gak akan pake satu kartu untuk semua ya? Kayak e-money? Agak susah dong ya harus beli kartu sendiri, belum kalo ketinggalan. Tapi ya, semoga yang terbaik lah untuk MRT.

    BalasHapus
  5. Semoga saja akan segera dibuat trayek MRT Jakarta-karawang dan sebaliknya, hal ini untuk memudahkan saya apabila ingin berkunjung ke ibukota dan bertemu kawan lama.

    Karena sesungguhnya dengan menggunakan bis biasa, itu sangat sangat menguras banyak biaya :')

    BalasHapus
  6. Wow ... biaya pembangunannya sampai triliunan!! Dampak bagusnya proyek ini bisa menyerap banyak tenaga kerja, ya. Dan yang terpenting,bisa mencegah kemacetan yang selalui menghantui ibu kota.

    BalasHapus
  7. Aku excited banget Jakarta akan ada MRT, padahal bukan org Jakarta. :)) Karena kalau Jakarta ada, kota2 lainnya tinggal menunggu jadwal selanjutnya.

    BalasHapus
  8. Hore, Maret 2019 ya! Semoga tepat waktu nih.
    Oh iya, mudah2an ntar kartu utk tiket MRT nya, bisa bersinergi dengan yang udah ada, spt e-money, kl ga dompet jd penuh deh ama kartu2 haha!

    BalasHapus
  9. Saya sendiri sangat setuju public transportation yang massive banget. Berharap semua ibukota provinsi sehingga sudah mempersiapkan diri untuk ledakan kendaraan pribadi

    BalasHapus
  10. Bukan penduduk Jakarta sih aku. Tapi penasaran. Semoga proyek MRT selesai tepat pada waktunya dan masyarakat Jakarta benar-benar bisa merasakan dampak positifnya.

    Setuju sama Mas Timo. Aku kok ngerasa banyak banget kartu-kartu di Jakarta. Hahaha.

    BalasHapus
  11. Seringnya memang kendala pembangunan itu di pembebasan lahan. Semoga bisa segera terselesaikan dengan baik tanpa merugikan masyarakat pemilik lahan.

    Walau bukan warga jakarta, saya jadi nggak sabar juga menanti beroperasinya MRT ini.

    BalasHapus
  12. Semoga masalah di haji Nawi cpt terselesaikan dan MRT bs digunakan mulai pertengahan tahun depan mas. Biar gak macet jalanan dan orang akan punya banyak opsi transportasi umum

    BalasHapus
  13. Waduh, semoga kendala lahan di daerah Haji Nawi segera selesai supaya selesai sesuai target di Maret 2019. Aamiin. Atuhlah masih lama ih. Aku udah out dari ibukota itu mah wahahaha. Tapi gapapa, aku senang Jakartaku lebih baik dari sebelumnya. :3

    BalasHapus
  14. Kununggu banget ini MRT, siapa tahu bisa membuat KRL lebih legaan dikit lha. Haji Nawi itu sebelah mana? Aku belum pernah lewat kayanya. Pembebasan lahan di mana-mana susah kayanya ya.

    BalasHapus
  15. Semoga MRT ini mampu mengurangi dampak kemacetan di jakarta dan biar pada semua org beralih ke MRT dan semoga teknologi yang diterapkan mampu berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  16. wah, baru tau perkembangan MRT karena kogio,
    thanks ko!

    semoga masalah dan kendala yang terjadi cepat selesai, dan pembangunan mrt ini berjalan lancar, aamiin,

    BalasHapus
  17. Wah, semoga rencana MRT jakarta dioperasikan maret 2019 bisa terwujud ya dan hambatan dalam pembangunannya bisa teratasi. Aku belum pernah naik kA apalagi MRT

    BalasHapus
  18. Ga sabar pengen cepet cepet ngerasain naik MRT. Sudah jenuh dengan keruwetan transportasi Jakarta.

    BalasHapus
  19. Semoga pembangunan berjalan tepat waktu dan masalah pembebasan lahan teratasi cepat

    BalasHapus
  20. terimakasih banyak inforasinya, membantu sekali gan..
    jangan lupa kunjungi link kami di http://blackwaletcare.com/

    BalasHapus