Senin, 31 Juli 2017

Kenali Penyakit Gagal Jantung dan Cara Mencegahnya

Saat ini gaya hidup masyarakat yang kurang sehat menjadi perhatian yang serius, semakin meningkatnya penyakit tidak menular sebagai penyebab kematian di Indonesia. Tentu saja kita tidak ingin terkena penyakit tidak menular yang menyebabkan kematian, salah satunya adalah gagal jantung. Gagal jantung merupakan kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa darah yang cukup ke seluruh tubuh. Hal ini disebabkan oleh melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu.

Untuk mengenal penyakit gagal jantung pada Sabtu, 29 Juli 2017 di Jakarta Pusat, diselenggarakan acara "Set Your Life Back In Motion" oleh Novatis salah satu perusahaan farmasi terkemuka. Diawali dengan pemjelasan Prof. DR. dr. Bambang Budi Siswanti, SpJP(K) dari Rumah Sakit Harapan Kita, menjelaskan fenomena yang sebenarnya terjadi pada penyakit gagal jantung adalah fenomena gunung es. Gagal jantung adalah puncak dari serangkaian keadaan.

Di Indonesia sendiri penyaki gagak jantung berkontribusi sebesar 6,7% pada penyeban kematian. Gagal jantung memiliki pola kejadian, sehingha perlu ketekunan untuk mengontrolnya. Gagal jantung memang tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.  Penyakit gagal jantung juga membuat biaya yang ditanggung pemerintah lewat Jaminan Kesehatab Nasional (JKN) cukup besar sebesar 31, 83 Milyar.

Narasumber kedua adalah Dr.David Sim dari National Heart Center Singapore menjelaskan bahwa di seluruh dunia ada 26 juta penderita penyakit gagal ginjal. Bahkan di Eropa dan Amerika Serikat menghabiskan biaya 1-2% pengeluaran kesehatan secara keseluruhan. Di Indonesia sendiri penderita gagal jantung ada di usai atas 60 tahun.


Narasumber ketiga adalah Milan Paleja, President Director Novartis Group Indonesia menjelaskan profil perusahana Novatis. Batam dan Pasar Rebo adalah dua daerah di Indonesia yang menjadi tempat produkai Novartis Group Indonesia. Dalam bentuk obat paten, produk perawatan mata, dan obat generik dengan kualitas terbaik, kali ini menghadirkan LCZ696 untuk penderita gagal jantung. Novartis hadir sejak 1968 di Indonesia dengan nama Ciba dan Sandoz pada 1987 dan bergabung menjadi Novartis pada 1996.


Narasumber keempat adalah Dr.Lily Sriwahyuni Sulistyowati, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Menyampaikan bahwa masyarakat tidak menyukai makan buah dan sayur, padahal untuk sehat kita perlu mengonsumsinya. Gaya hidup sehat sesuai Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dengan prinsip CERDIK. Gagal jantung merupakan penyakit tidak menular yang masuk peringkat 10 besar penyebab kematian. Penyakit tidak menular 80% disebabkan oleh gaya hidup.

Sehingga penting bagi kita untuk menjaga kesehatan dengan gaya hidup yang sehat dengan CERDIK: Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan Asap Rokok, Rajin Melakukan Aktivitas Fisik, Diet Sehat, Istirahat Cukup, dan Kelola Stres. Tak ada cara lain untuk mengurangi resiko terkena penyakit tidak menular, selain mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat termasuk terhindar dari penyakit gagak jantung.

21 komentar:

  1. Masyarakat masih perlu pemahaman menyangkut penyakit ini. Gagal jantung memang fenomena gunung es

    BalasHapus
  2. Mulailah tren gaya hidup sehat untuk mhindari pyakit jantung

    BalasHapus
  3. bener banget kita harus mencegah sebelum terjadi penyakit yang parah. Pola hidup yang sehat akan membuat tubuh kita sehat dan memperkecil persentase terkenanya penyakit gagal jantung pada tubuh. Kebanyakan pola hidup manusia asal asalan sehingga bisa menimbulkan penyakit tersebut

    BalasHapus
  4. PR banget nih merubah gaya hidup agar lebih sehat, karena mentang mentang masih muda (ehmmm) jadi seenaknya...

    BalasHapus
  5. Dan gaya hidupku yang satu itu belum bisa diperbaiki, semoga next , doain aja ya koh..

    BalasHapus
  6. Agak susah mengubah gaya hidup untuk menghindari penyakit jantung tapi mungkin mengimbangi sih yaa.. Kalau aku sih mengurangi perlahan diimbangi olahraga yg teratur. Diimbangi istirahat yang cukup juga sebisa mungkin ga begadang dan makan makanan sehat.
    Semoga kita semua terhindar dari penyakit gagal jantung.

    BalasHapus
  7. Merubah gaya hidup ini yang berat. gaya hidup sehat itu gak gampang lho nyatanya banyak orang susah payah demi sehat. tapi saat gaya hidup sehat besok saat sudah tua itu bakal nyaman banget

    BalasHapus
  8. Enyahkan asap rokok itu yg masih susah.
    Apalagi kalau lagi di ruang publik.
    Berharap pemerintah pun lebih menegakkan lagi aturan larangan merokok :(

    BalasHapus
  9. Gaya hidup ini emang berrpengaruh banget, ya.
    Setelah ikut acara ini, aku jadi mikir, pokoknya mesti punya gaya hidup yang CERDIK. Cuma nih, masalah Enyahkan asap rokok keknya masih susah banget, ya :(

    BalasHapus
  10. benar banget memang 80 persen penyakit disebabkan gaya hidup
    saya sekarang kena batu ginjal
    karena jarang olahraga dan kurang minum air putih hiks
    sekarang udah ubah gaya hidup
    banyak minum air putih dan gerak

    BalasHapus
  11. Asap rokok tulang yang bikin sebel... Sebel sama orangnya sih.., enak aja start Atut ngisep rokok depan orang..terus asapnya dikasih ke orang2 sekitar..ga ngerokok tapi kena imbas.. minimal awal ama batuk, tapi kalo sering2 bisa jantungan liat org begitu..

    BalasHapus
  12. aku ngebacanya aja langsung berdebar debar. mulai sekarang memang harus semangat untuk terus berolahraga dan menjaga kesehatan biar tambah semangat. dengan tahu tanda tanda penyakit kita bisa mengobati sejak dini

    BalasHapus
  13. Gaya hidup sehat CERDIK yang baru saya jalani yaitu Enyahkan Asap Rokok sama Istirahat Cukup. Yang lainnya masih berusaha hehehe

    BalasHapus
  14. susah banget ya koh mau gaya hidup sehat, padahal buat diri sendiri T_T

    BalasHapus
  15. Sedih banget ya enggak bisa disembuhin. Tapi setidaknya bisa kita kontrol. Semoga masyarakat (termasuk saya) semakin sadar dan mau hidup dengan pola hidup sehat.

    BalasHapus
  16. jadi inget alm ibuk aku.
    huwaaaaaa coba udah ada obat ini waktu itu..

    skrg kami anak anaknya jg di aware dokter.. suruh hidup sehat.. lifestyle dirubah..

    BalasHapus
  17. Aku masih kurang cerdik nih. Asap rokok sering kena sebagai perokok pasif, diet keseringan wacana, aktivitas fisik kebanyakan jari doang, waktu istirahat kacau, stress suka berlebihan, cek kesehatan boro-boro.
    Bhahahak.
    Ini kok ancur banget kayaknya pola hidupku. Duh, mesti diubah segera biar jantung dan organ lainnya tetap sehat dan bugar nih!

    BalasHapus
  18. Beberapa anggota keluarga saya, ada yang menderita penyakit jantung. Sedih banget lihat mereka. Jadi intropeksi diri, harus bisa jaga pola hidup yang sehat ya...

    BalasHapus
  19. Mengubah gaya hidup susah ya Geo...

    Olahraga, dan makanan masih PR nih buat aku. Tapi kalau gaya hidup gak diubah, ngeri penyakit menghampiri

    BalasHapus
  20. ngeri banget yaaa tapi klo bs terapkan cerdik sprtnya bakal amaan.. trims infonya ko gio

    BalasHapus