Produk UKM ke Pasar Global secara Digital

Ekspor menjadi salah satu hal yang terlihat rumit prosesnya, terlebih bagi UKM yang tak mengetahui proses ekspor. Pada Smesco Digipreneurday Sabtu, 18 Juni 2016 kami sama-sama belajar, ternyata ekspor hal yang bisa dipelajari. Terlebih dengan keunikan produk UKM bagi masyarakat, tak hanya masyarakat Indonesia namun juga masyarakat di luar negeri. 

Dengan hadirnya media sosial ternyata sangat membantu promosi produk UKM, namun pelaku UKM juga perlu memiliki website sebagai rumah. Produk unik seperti celana sarung Taj Maul dan hijab Allsscarf yang ternyata ditampilkan di SMESCO. Produk unik celana sarung Taj Maul dan hijab Allsscarf memiliki cerita tersendiri dari pemiliknya.

Celana Sarung Taj Maul, depan sarung dan belakang celana dimiliki Tajudin Maulana. Nama Taj Maul adalah singkatan dari nama Tajudin.  Saat ini celana sarung Taj Maul masih diproduksi sendiri dengan ukuran dewasa. Untuk ukuran anak-anak saat ini belum tersedia lagi. Celana sarung Taj Maul kini semakin dikenal bahkan menerima pesanan dari luar negeri, sejak ditampilkan sebagai produk UKM di SMESCO.



Berbeda cerita dengan cerita hijab Allsscarft yang sudah menggunakan media sosial, website sendiri, dan e-commerce namun juga memiliki butik. Dengan penggunaan website lebih mudah memasarkan dan pengawasan transaksi barang karena ada sistem. Untuk menambah kepercayaan calon pembeli, tinggal mendatangi butik. Hijuab Alls Scart dibuat secara handmade dengan payet dan bordir yang simple.



Senada dengan pada Smesco Digipreneurday, Pak Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP) KUKM, Ahmad  Zabadi menyampaikan "Dari kolaborasi ini diharapkan dapat membangkitkan rasa memiliki dan tanggung jawab sekaligus menjadi inspirasi di kalangan digitalpreneur untuk memajukan produk UKM, khususnya di Smesco melalui karya video yang menarik dan informatif"
 

Tak hanya mendapatkan inspirasi dari pelaku UKM lain, hadir juga narasumber dari BDigital pak Andi Silalahi, co-founder BDigital Jose Ricardo Santos, Drirektur Apana.id Rubie Limpoyie, dan Opid Asiduryo Chief Marketing Officer Pawoon. Pentingnya memiliki website sebagai rumah di online, seperti Smesco sebagai rumah UKM. Tak hanya itu pelaku UKM offline bisa menggunakan Pawoon, aplikasi kasir digital berbasis cloud server.





Dengan terlaksanakan acara Smescodigipreneurday sangat bermanfaat bagi peserta dan pelaku UKM. Semoga terus diadakan dan membawa manfaat bagi U7KM.


Komentar