Ini Kegiatanku di Hari Bumi bersama PMI

Setelah pada Jumat, 22 April 2016 berlangsung kegiatan peluncuran data DAS Ciliwung. Pada keesokan harinya, dilakukan kegiatan Ruwat Bumi dan Susur Sungai. Kegiatan dilakukan di dua tempat, Jakarta Utara dan Bogor. Saya mengikuti kegiatan di Jakarta Utara, diselenggarakan PMI Kota Jakarta Utara.

Jam 7 pagi sedang dimulai persiapan kegiatan acara, diawali dari titik awal Jalan Kencur. Bersama Wakil Walikota Jakarta Utara, Ketua PMI Jakarta Utara, tim PMI Jakarta Utara, dan media menyusiri sungai.




Rekan-rekan dari PMI ikut membersihkan sampah di pinggir Sungai Ciliwung.
Kami berhenti di daerah pemukiman warga di pinggir Sungai  Ciliwung.

Anak sekolah dan warga sekitar juga ikut qmembersihkan sampah. Ada kegiatan vertikultur dan biopori yang dilakukan warga.



Di seberang tampak sebuah rumah yang unik, ternyata rumah percontohan yang desain arsitekturnya dibuat oleh mahasiswa dari Bandung bekerjasama dengan LSM.


Rumahnya berkonsep berbagi di lantai paling atas. Dengan 2,5 lantai berdiri bangunan rumah contoh yang menyesuaikan dengan daerah pinggir Sungai Ciliwung dan Tembok Cagar Budaya.

Rumah penduduk di pinggir Sungai Cilisung ternyata dimundurkan 1,5 meter atas permintaan pemerintah daerah untuk menjaga lingkungan. Sepanjang jalan saya menemukan puing bagian belakang rumah.




Diakhiri dengan berjalan menuju Jalan Tongkol untuk hari peringatan Hari Bumi. Berbagai pesan disampaikan dari pihak PMI Jakarta Utara dan Palang Merah Amerika. Tujuannya agar kita ikut menjaga bumi, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya.

Komentar