Senin, 07 September 2015

Pesona Kuliner : Indonesia Timur

Indonesia terkenal dengan keragaman budaya, dari tarian daerah, kesenian dan kuliner juga tidak luput dari keunikan bangsa Indonesia. Berbagai kuliner khas Nusantara tersedia, beragaram daerah di Indonesi memiliki berbagi jenis kuliner yang berbeda dan beragam. Kuliner di pulau Jawa tentu saja akan berbeda dnegan kuliner yang ada di Pulau Sulawesi.

Salah satu faktor keberagaman kuliner di Indonesia tentu saja karena keadaan dan sumber daya alam di Indonesia berbeda-beda. Di pulau Jawa nasi adalah makanan pokok, namun di Indonesia Timur ternyata ada penggnti nasi seperti sagu. Akan sangat beruntung jika, berkesempatan mencicipi kuliner nusantara dari berbagai daerah. Namun bagi yang bisa berkeliling Indonesia, untuk mencicipi berbagai kuliner di Indonesia. Tidak perlu sedih, saat ini kita bisa mencoba berbagai kuliner Nusantara di Jakarta.

Signatures Restaurant, Hotel Kempinski
Di Signatures Restaurant yang ada di Hotel Kempinski  Jakarta, selama lima minggu menyajikan kuliner dari lima pulau.  Kit bisa memilih jenis kuliner daerah yang kita sukai. Setiap minggunya akan akan tersaji berbagai pilihan kuliner Nusantara dari lima pulau. Dari Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Kalimatan, Sulawesi dan Maluku.

Kita bisa dengan sesukanya menikmati hidangan dari berbegai daerah. Saya berkesempatan datang saat di kuliner Sulawesi dan Maluku. Beberapa makanan yang terkenal pastinya wajib dicoba. Saat memasuki The Signature Restaurant, suasana Indonesia terasa sekali ada patung dan pajangan tradisional khas Indonesia.


Ornamen Indonesia di depan Signtures Restaurant

Saya segera menuju ke reseptionist, dengan ramah saya diantarkan ke meja yang sudah disediakan. Sekilas desain interior restoran yang sangat nyaman dan mewah.

Interior Signatures Restaurant-1

Interior Signatures Restaurant-2

Interior Signatures Restaurant-3
 Setelah terperangah dengan interior restoran, saatnya menuju acara utama yaitu, makan. Berbagai hidangan tersedia. Saat saya datang tersedia hidangan dari Pulau Sumatera dan Pulau Maluku. Berbagai hidangan dari berbagi jenis pilihan dan rasanya. Hidangan yang bisa dipilih seperti ini:



Makanan Pembuka

Jajanan dan Kue Pasar

Pilihan Nasi

Pilihan Sambal

Saya memilih Nasi Gurih, Nasi Kuning Manado, Tinutan (yang lebih dikenal dengan Bubur Manado) dan Coto Makassar (pakai daging capi dan makannya dicuapi #eh). Ini foto beberapa makanan yang saya pilih, sangat kenyang menyantap kuliner khas Sulawesi dan Maluku.

Coto Makassar


Nasi Gurih dan Nasi Kuning Manado

Tinutuan atau dikenal dengan Bubur Manado+ Sambal Roa

Es Palu Butung



Mari, kita coba rasanya dari makanan tradisional khas Sulawesi dan Maluku. Ada es Palu Butung yang bagi saya rasanya berkesan dan enak. Sekalipun agak kesulitan menikmatinya, karena dimasukan di botol kaca yang imut-imut ini. Rasanya enak banget bagi saya. Selain itu Tinutuan yang rasanya enak, dengan jagung yang melimpah saat dimakan rasanya sungguh nikmat.

Setelah menikmati berbagai hidangan khas Sulawesi dan Maluku. Saya sangat menyadari berbagai kuliner khas Indonesia, yang kaya akan rasa. Ada rasa rempah-remapah dan berbagai bumbu. Namun saya penasaran, siapak chef yang membuat masakan khas Sulawesi dan Maluku.

Ternyata yang menyiapkan hidangan khas Sulawesi dan Maluku adalah Chef Petty Elliott

Saya berfoto dengan Chef Petty Elliott

Wah, senang sekali rasanya bisa menikmati hidangan khas Sulawesi dan Maluku di Signatures Restaurat, Hotel Kempinski Jakarta. Bisa menikmati makanan yang sebelumnya yang belum saya coba.

3 komentar:

  1. Share rate harganya juga donk mas hihi.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Lunch Rp 265.000++ sepuasnya makan lho. :)

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus