Inovasi Meeber Teknologi, Hadirkan Restoran Digital Masa Kini

Makanan menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia, setiap harinya tentu kita perlu makan agar dapat beraktivitas secara normal. Ada yang memilih untuk memasak makanan sendiri, ada yang memiliki membeli makanan di restoran, tergantung pada keinginan setiap orang. Saya bersama sahabat secara regular berkumpul dan berbincang di restoran, ada pengalaman yang cukup sering terjadi.

Saat baru sampai di sebuah restoran, saya bersama sahabat pun harus menunggu, pelayan restoran datang untuk memberikan buku menu. Apalagi dalam keadaan di akhir pekan, suasana restoran biasanya cukup padat, kami harus bersabar menunggu kedatangan pelayan. Kemudian pelayan restoran akan mencatat pesanan, kemudian pergi, dan kembali ke meja kamu untuk mengantarkan pesanan.

Saat saya asyik sedang menikmati makanan, tidak terasa minuman yang saya pesan sudah habis. Akhirnya saya pun perlu melambaikan tangan untuk memangil pelayan, ternyata tidak ada yang datang karena pelayan sedang melayani pelanggan lain. Akhirnya untuk memasan minuman tambahan, saya memilih menghampiri pelayan dan memberitahukan pesanan saya.

Belum lagi saat akan meminta struk tagihan dan melakukan pembayaran, saya perlu memanggil pelayan lagi untuk datang ke meja. Jika memilih pembayaran secara non tunai, maka saya harus menuju meja kasir untuk memasukan PIN kartu debit/credit. Siapa yang pernah punya pengalaman serupa saat makan di restroran? Pernah terpikir bahwa pelayanan di restoran bisa digitalisasikan?

Inovasi Teknologi Restoran Digital

Ternyata berkat bantuan teknologi restoran bisa digitalisikan, hal ini dibuktikan dengan inovasi dari PT Meeber Teknologi Indonesia (atau Meeber) yang memperkenalkan aplikasi MeeberLite dan Meeberian. Setelah sebelumnya Meeber dikenal melalui layanan Meeber POS (Point of Sale), Meeber mendapatkan saran dari pengguna Meeber POS yang ingin mengetahui saran dari pelanggan.


Pak Rudy Hartawan, Chief Executive Officer (CEO) PT Meeber Teknologi Indonesia menyampiakan konsep "Empowering Your Digital F&B Business" Meeber Teknologi menghadirkan inovasi restoran digital pertama di Indonesia. Aplikasi MeeberLite diperuntukan bagi pelaku bisnis F&B, sedangkan aplikasi Meeberian diperuntukan bagi pelanggan restoran. Hadirnya inovasi Meeber Teknologi membuat Business Automation dan Customer Engagement bisa tercipta.

Fitur dan Keunggulan Inovasi Meeber Teknologi Indonesia

Inilah berbagai fitur dan keunggulan layanan Meeber yang mendigitalkan pelayanan restoran:

1) Sistem pemesanan dengan teknologi E-Menu.

Pelanggan di restoran cukup menginstal dan menggunakan aplikasi Meeberian, lalu tinggal scan QR Code restoran. Nantinya akan tampil nama restoran dengan detail menu yang tersedia, sehingga pelanggan tidak perlu lagi melambaikan tangan untuk memanggil pelayan.

Cukup memilih pesanan dari menu yang tampil, bahkan untuk menambahkan pesanan lain, cukup menambahkannya dari aplikasi Meeberian di smartphone. Pesanan menjadi lebih akurat dan cepat, terkadang saat kita memesan secara manual, pelayan bisa saja salah dengar dan salah mencatat, sehingga pesanan yang diantarkan salah atau ada yang kurang.

Pesanan pelanggan dari aplikasi Meeberian akan diterima oleh restoran pada aplikasi MeeberLite. Nantinya tinggal diproses pesanan mana yang diterima, ataupun ditolak karena satu dan lain hal. Kemudahan dalam pemesan oleh pelanggan, berpotensi meningkatkan jumlah transaksi bagi para pebisnis F&B.



2) Sistem Smart and Quick Support

Melalui aplikasi Meeberian pelanggan bisa dengan mudah memanggil pelayan dan meminta tagihan berkat adanya fitur Waiter Calling dan Bill Asking pada layanan Service Table, jika pelanggan memilih makan di temat (Dine In).

Selain itu sebagai pelanggan akan mendapatkan notifikasi jika pesanan sudah siap diambil untuk diambil pada layanan Quick Service (Take Away)

3) Kemudahan Memberikan Promosi dan Informasi Promosi

Pelaku bisnis melalui aplikasi MeeberLite bisa dengan mudah memberi penawaran diskon atau promosi. Hal ini menjadi bagian dalam strategi markerting agar informasi diskon atau promo bisa diketahui oleh pelanggan. Pelanggan akan menerima informasi promo melalui layanan push promotion, sehingga pelanggan akan tertarik untuk berkunjung.

4) Mendapatkan Customer Insight

Melalui data pesanan yang dilakukan oleh pelanggan, pemilik bisnis F&B bisa mendapatkan data customer insight. Dengan data yang dimiliki pemilik bisa melakukan analisa dan menerapkan strategi marketing yang sesuai untuk perkembangan bisnis. Melalui data dan analisa pemilik bisnis, bisa diketahui menu apa saja yang menjadi kesukaan, harus selalu disajikan, dan siapa saja pelanggan yang memesan.

5) Kemudahan Pembayaran secara Non Tunai

Pelanggan bisa melakukan pembayaran secara non tunai atau cashless dari aplikasi Meeberian, tersedia berbagai pilihan pembayaran. Hal ini bagi pebisnis bisa menghemat waktu, biaya lebih terkendali, dan mengurangi risiko kerugian.

6. Mendapatkan Feedback dari Pelanggan

Melalui aplikasi Meeberian pelanggan yang bertransaksi, bisa memberikan feed kepada pelaku bisnis. Hal ini tentunya akan memudahkan pelaku bisnis mendapatkan saran, menjaga kualitas layanan, dan mengetahui keinginan pelanggan yang bisa meningkatkan produk & layanan yang diberikan.


Pengalaman Mencoba Pemesanan dari Aplikasi Meeberian

Kemudian saya pun berkesempatan untuk mencoba pemesanan dari aplikasi Meeberian di smartphone. Cukup scan QR Code, pilih menu beserta jumlah, konfirmasi pemesan, pilih metode pembayaran, dan mendapatkan informasi jika pesanan sudah tersedia.





Meeber Teknologi Menjawab Tantangan Bisnis F&B

Pak Indra Sitorus, Chief Markerting Officer PT Meeber Teknologi menyatakan inovasi Meeber Teknologi untuk menghadapi tantangan bisnis F&B yang dituntut secara operasional dilakukan digitalisasi. Pak Dony Riyanto, Chief Technology Officer Meeber Teknologi Indonesia  menyatakan diperlukan platform untuk menjawab tantangan digitalisasi operasional restoran, yaitu: Aplikasi MeeberLite dan Meeberian yang terintegrasi untuk meningkatkan pelayann dan digitalisasi restoran.



Salah satu pelaku bisnis F&B turut hadir dan memberikan testimoni, bagaimana inovasi dari Meeber Teknologi Indonesia membantu proses digitalisasi pelayanan dan operasional restoran. Bu Diah Octaviani, pemiliki gerai Laku Kopi yang puas dengan layanan yang diberikan oleh Meeber, berbagai kemudahan bisa didapatkan. (Kedai Laku adalah kedai kopi yang fokus dan memiliki perhatian pada kopi khas Indonesia).

Ada permasalahan yang dialami Bu Diah, ketika karyawan di kedai kopi tidak bisa mengingat nama pelanggan, tetapi mengingat jenis kopi favorit yang sering dipesan. Pada akhirnya pelanggan setia kedai Laku Kopi dipanggil dengan nama bapak diikuti nama jenis kopi yang dipesan oleh pelanggan. Setelah menggunakan MeeberLite, kini karyawan Bu Diah bisa mengenali nama pelanggan, sehingga ada customer insight yang didapatkan dan mengetahui jenis kopi yang menjadi kesukaan pelanggan.


Akhirnya terjawab sudah pertanyaan tentang digitalisasi restoran, bisa dilakukan dengan bantuan teknologi. Tidak perlu lagi repot memanggil pelayan untuk memesan, menambah pesanan, meminta bill, dan melakukan pembayaran. Aplikasi MeeberLite dan Meeberian bisa digunakan dengan mudah secara gratis, sementara waktu aplikasi Meeberian baru tersedia dalam versi Android, versi iOS akan segera diperkenalkan bagi pelanggan.

Komentar

  1. Makin canggih yah mas hidup di zaman now. Membantu banget nih aplikasi gratis lagi. 😍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya dong mas dede.. daripada antri panjang.. gak jelas juga kan akhirnya.... mending pesen pake aplikasi... ahahaha

      Hapus
  2. Nah ini, semakin mudah dan memabntu banget pelanggan nih ketika ingin memesan makanan di resto.

    BalasHapus
  3. Semakin mudah banget ya pesan makanan pakai aplikasi dan pebisnis kuliner pun bisa pakai aplikasinya untuk memajukan usahanya

    BalasHapus
  4. Restoran digital mempermudah konsumen kalo pesen makanan dan minuman, jdi lbh praktis ya.

    BalasHapus
  5. inovaasi kaya gini emang di butuhkan mas.. duh ga kebayang dah kalo harus antri dan nyari pelayan saat mau mesan

    BalasHapus
  6. Inovasi dan aplikasi kaya gini memang sangat perlu bangat diniliki oleh sebuah resto sangat ngebantu bangat baik dari sisi pemilik resto juga pengunjungbnya ya.

    BalasHapus
  7. Aku udah download aplikasi ini tapi belum nyoba mesan nih mas. Mau ah ntar aku juga nyoba biar tahu nggak ribetnya mesan pakai aplikasi ini

    BalasHapus
  8. Nah kan iya...
    Lebih mudah gitu ya.
    Jadi inget manggil2 pelayan dicuekin gitu aja. Pft

    BalasHapus
  9. Wahhh, sangat mempermudah ya... Seneng deh dgn hadirnya apss ini. ..

    BalasHapus

Posting Komentar