Tomyam Pakai Kelapa, Gimana Rasanya Ya?

Tomyan salah satu makanan khas Thailand. Tentu saja sebagian besar orang sudah mengetahuinya. Saya pernah mencoba Tomyam. Dalam sebuah jamuan makan malam, di salah satu restoran seafood di Jakarta. Namun entah kenapa rasanya terlalu asam bagi saya. Saya hanya makan seafoodnya dengan sedikit kuah saja. Sejak itu saya tidak pernah, lagi mencoba Tomyam lagi.

Sampai suatu ketika saya mengetahui, kalau ada varian Tomyan yang rasanya sudah disesuaiakan. Dengan rasa yang tidak terlalu asam, seperti Tomyan yang biasanya disajikan. Akhirnya saya penasaran dan ingin mencoba sebuah menu bernama Tomyan Kelapa.

Pada Jumat, 9 Oktober saya mendatangi sebuah kedai di daerah Ciputat. Tepatnya berlokasi di depan Perumahan Villa Bintaro Indah.Lokasinya dekat dengan Stasiun Sudimara. Di sisi kanan jalan ada sebuah kedai, bernama Saung Ibu. Salah satu pedagang di Saung Ibu menjual Tomyam Kelapa. Dengan tempat yang sederhana namun tetap nyaman.




Mas Baha penjual Tomyan Kelapa dengan ramah melayani saya. Saya diberikan buku menu, ternyata tidak hanya Tomyam Kelapa. Ada beberapa menu lain selain Tomyam Kelapa, ada Tomyam biasa dan kwetiau juga.



Akhirnya saya memilih Tomyam Kelapa dan Kuetiau Kungpau. Sambil menunggu hidangan disiapkan, saya berkeliling melihat keadaan sekililing. Terletak di depan daerah perumahan, selain itu juga di Saung Ibu ada beberapa penjual makanan lain. Saat ada di Saung Ibu seakan-akan, saya ada di daerah pedesaan yang indah.

Tidak lama kemudian tenyata makanan, pesanan saya sudah siap untuk disantap. Dengan tampilan yang cukup menggoda Tomyam Kelapa yang saya pesan, beneran disajikan di dalam kelapa.


Tomyan Kelapa, Saung Ibu

Kuahnya juga menggunakan air kelapa. Namun saya tidak merasakan asam seasam Tomyan yang pernah saya coba. Dengan rasa sedikit pedas dan manis, saya menyantap Tomyam Kelapa. Isinya seperti Tomyan biasanya, ada udang, cumi dan jamur juga, Dengan rasanya yang enak, saya dengan cepat menghabiskannya dengan lahap.

Sesudah menikmati Tomyan Kelapa, saya melanjutkan ke Kwetiau Kungpau. Kwetiau yang disajikan memilih keunikan tersendiri, selain menggunakan ayam Kungpau. Ciri khas dari Kwetiau Kungpau Saung Ibu, dengan tambahan kwetiaw yang digoreng tepung. Dengan rasa gurih dan garing saat digigit.


Kwetiau Kungpau, Saung Ibu

Di setiap gigitan dan kunyahan terasa di mulut, dengan kwetiau yang rasanya enak. Ditambah ayam kungpau yang bumbunya meresap, menambah enaknya kwetiau kungpau. Selain Tomyam Kelapa dan Kwetiau Kungpau ini menu lain yang bisa dipilih.



Daftar Menu Saung Ibu
Kita bisa memilih berbagai pilihan menu. Selain itu jug ternyata di setiap makanan, yang dipesan. Untuk setiap porsi, disisihkan Rp 1.000 untuk disumbangkan kepada anak yatim. Selain makanannya enak, sekalian bisa ikut beramal. Ingin mencobanya? Yuk, mari mampir ke Perumahan Villa Bintaro Indah.

Komentar